Pengumuman » Pengadaan Barang Jasa


Situs pengumuman ini adalah milik Pemerintah Indonesia dan digunakan untuk menyampaikan informasi tentang pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk diinformasikan kepada para pihak yang berkenan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Bagi yang berminat untuk menjadi peserta tender atau rekanan dapat menghubungi pemilik pekerjaan pada masing-masing paket yang diumumkan.

Terdapat 384 data Pengadaan Barang Jasa :

  • Data Kasus Curanmor Bulan Februari 2011Polres Cirebon Kota (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:58:22)

    KEPOLISIAN  NEGARA REPUBLIK INDONESIA
    DAERAH JAWA BARAT
    RESOR CIREBON KOTA



    DATA  KASUS CURANMOR
    DI WILAYAH HUKUM POLRES CIREBON KOTA
    DALAM BULAN PEBRUARI 2011



    NO    HARI / TGL.
    KEJADIAN    NO. LP.    JENIS   KENDARAAN    NAMA PELAPOR/
    KORBAN    TINDAKAN KEPOLISIAN    NO.PEMBLOKIRAN
    DAN YANG
    MENANDATANGANI    KET
                MERK    NOKA    NOSIN               
    1    2    3    4    5    6    7    8    9    11

    1.




       
    Hari     : Rabu
    Tgl     : 02-02-2011
    jam     : 20.00 wib
    TKP    : Jl. Suratno Gg. Remaja I no. 90 Rt. 03 / 07 Kota Cirebon
    Modus : Kunci Palsu   
    LP / 144/ B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 02-02-2011   
    Yamaha Mio No.Pol. : E-5102-BB, Putih



       
    MH328D0029K864722
       
    28D6463




       
    JAENAL ABIDIN, L, Swasta, 46 th, Jl. Kapten Damsur No. 19 Rt. 02 / 07 Kel. Kebon Baru Kota Cirebon   
    -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari tersangka dan BB   
    B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       

    2    Hari     : Senin
    Tgl     : 01-02-2011
    jam     : 20.30 wib
    TKP    :    Teras Rumah Jl. Pesayangan Gg. Abubakar No. 21 Kota Cirebon
    Modus : Kunci palsu    LP / 142 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 02-02-2011     Honda NF 100, th. 2008, Hitam, No.Pol. : E-6979-AZ    MH1HB7118K564942    HB71E1560906    M. SALIM NAHDI, Swasta, L, 25 th, Dusun  Wage  Rt. 06 / 02 Desa Cikedung Kulon Cirebon    -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/       / II / 2011 / Reskrim,                               tgl        PEBRUARI 2011

       
    3    Hari     : Jumat
    Tgl     : 04-02- 2011
    jam     : 03.15 wib
    TKP    : Rumah Jl. Abiasa No. 1 Rt. 3 / 9 kel. Sukapura kel. Kejaksan Kota Cirebon
    Modus : Kunci Palsu    LP / 146/ B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 04-02-2011    Toyota Kijang Innova G, 2009, Warna Abu-abu Metalik, No.Pol. : E-1135-PH
        MHFXW426XY2142491    ITR6765312    SUDI KASIYAN, L, 47 th, Hl. Abiayasa No. 1 Rt. 3 / 9 Kel. Sukapura Kec. Kejaksan Kota Cirebon    -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    Cari tersangka dan BB
        B/        / II / 2011 / Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    1
    2    3    4    5    6    7    8    9    11
    4    Hari     : Minggu
    Tgl     : 06-02-2011
    jam     : 18.30 wib
    TKP : Jl. Lawanggada I No. 188 Rt. 05 / 01 Kota Cirebon
    Modus : kunci palsu    LP / 157 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 06-02-2011    Honda Revo No.Pol. : E-6492-BE, 2009, Hitam    -    -    EDYANTO, L, 57, Jl. Satrio Gg. Matang No. 36 Rt. 4 / 7 Kesambi Kota Cirebon    -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B  /         / II / 2011 /  Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    5    Hari     : Senin
    Tgl     : 07-02-2011
    jam     : 08.00 wib
    TKP :  Jl. Karang Anyar Jagasatru Kota Cirebon
    Modus ; Kunci Palsu    LP / 162/ B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 07-02-2011    Toyota Avanza, No.Pol. : AD-8914-TB, Silver, th. 2010    MHFMIBA3JAK217535    DF28192    AGUS IRWANTO, Wiraswasta, L, 29 TH, Kepuh Rt.  3 / 4 Kel. Kunden kec. Buku Kab. Harjo     -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    6    Hari     : Selasa
    Tgl     : 08-02-2011
    jam     : 20.00 wib
    TKP : Jl. Cipto MK Kp. Cigendeng No. 23  Kota Cirebon
    Modus Kunci Palsu    LP / 166/ B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 08-02-2011    Yamaha Vega R No.Pol. : E-6394-AW, 2007, Biru    MH34D7027J457218    4D7457227    SUHARTONO, 30 th, P. Grenjeng Rt. 01 / 06 Kel. Kec. Harjamukti Kota Cirebon
        -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    7    Hari     : Senin
    Tgl     : 14-02-2011
    jam     : 02.00 wib
    TKP :  Rumah Sisimangraja Gg. Blida Kota Cirebon
    Modus : Kunci Palsu    LP / 188 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 14-02-2011    Yamaha Mio,     -    -    NANANG SURYADI, L, 37, Jl. Sisingamangraja Gg. Blida Kota Cirebon    -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    8    Hari     : Minggu
    Tgl     : 20-02-2011
    jam     : 20.00 wib
    TKP :  Jl. Petratean No. 34 Kota Cirebon
    Modus : Kunci Palsu    LP / 218 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 21-02-2011    Yamaha Mio No.Pol. : E-6766-BF    -    -    HERY GUNAWAN LUKAS, L, 48 TH, Jl. Pndesan No. 26 Rt. 06/ Rt. 06 / 06 kel. Pekalangan Kota Cirebon
        -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    9    Hari     : Kamis
    Tgl     : 24-02-2011
    jam     : 18.30 wib
    TKP :  Jl. Sudirman No. 2 hantor PT. UBM Penggung Selatan Kota Cirebon
    modus : Kunci Palsu    LP / 238 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 25-02-2011    Yamaha Mio Soul tahun 2008, Hitam No.Pol. : D-4730-FZ    MH314D0018K137241    14D134571    M. DADA GOSWARA, L, Swasta, 43 th, Gg. H. IDRIS Dalam No. 17 / 197 D Rt. 09 / 1 Kel. Babakan Turogong Kec. Bojong Loa Kaler Kota Bandung
        -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       
    10    Hari     : Kamis
    Tgl     : 24-02-2011
    jam     :  wib
    TKP :  Halaman Parkir Kosan Putri Cantika Kandang perahu Rt. 5 / 11 Kota Cirebon
    modus : Kunci Palsu    LP / 247 / B / II / 2011 / JBR / CRB KOTA,
    Tgl 27-02-2011    Honda Beat No.Pol. : E-6134-SO    -    -    GURUH RAHMANULLAH, L, 19 th, Blok Ranca Rt. 011 / 004 Ds. Kroya Kab. Indramayu
        -    Terima LP.
    -    Datangi TKP.
    -    Riksa saksi
    -    Cari Tsk dan BB
        B/     /II/2011/Reskrim,                               tgl       PEBRUARI 2011

       


    Cirebon,  01 Maret   2011
      KEPALA SATUAN RESERSE KRIMINAL


     
    AGAH SONJAYA, S.H,M.H

    AJUN KOMISARIS POLISI NRP 73060632

  • SUPERVISI (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:50:12)

    SUPERVISI

    Supervisi ke seluruh Polres/ta/tabes jajaran Polda Jabar tentang sejauhmana penjabaran hasil Pelatihan Humas dan Operator PID yang diikuti oleh masing-masing perwakilan POlres/ta/tabes jajaran Polda Jabar

    NO    Hari / Tanggal     Tempat    Tim    Ket
    1.    Rabu /
    1 Des 2010    -    Polres Soreang
    -    Polres Cimahi    1.    KOMBES POL Drs. Agus Rianto
    2.    KOMPOL Ni Nyoman Semiarti
    3.    BRIPTU Opin Supiana, AMd
    4.    Pengda I Edy Suyatno   
    2.    Kamis /
    2 Des 2010    -    Polres Cianjur
    -    Polresta Sukabumi
    -    Polresta Bogor
    -    Polres Bogor    1.    KOMBES POL Drs. Agus Rianto
    2.    KOMPOL Ni Nyoman Semiarti
    3.    BRIPTU Opin Supiana, AMd
    4.    Pengda I Edy Suyatno   

  • SOSIALISASI TAHAP II (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:49:48)

    SOSIALISASI

    NO    HARI / TGL    PERIHAL    TEMPAT    KET
    1.    Senin /
    8 Nop 2010
    (Pukul 08.00 wib s/d selesai)    Sosialisasi UU RI No. 14 Tahun 2008 tentang KIP, Pelatihan Humas dan PPID untuk Polres dan Polsek jajaran Polda Jabar oleh Tim Div Humas Polri (Kombes Pol Drs. Darwin Butar-butar dan AKBP Martinus Sitompul)
    Peserta : 520 orang terdiri dari Para PPID Satker Mapolda Jabar, Kasubbag Humas Polres/ta/tabes dan Kasi Humas Polsek jajaran Polda Jabar
        Aula Muryono Polda Jabar   

  • SOSIALISASI TAHAP I (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:49:17)

    SOSIALISASI

    1.    WAKTU SOSIALISASI
    a.    Satker Mapolda Jabar Hari Selasa tanggal 22 Desember 2009 bertempat di Aula Herman Sudjana Diwirja.
    b.    Polwil Bogor Hari Selasa tanggal 5 Januari 2010 bertempat di Aula Mapolwil Bogor.
    c.    Polwil Purwakarta Hari Kamis tanggal 7 Januari 2010 bertempat di Aula Mapolwil Purwakarta.
    d.    Polwil Cirebon Hari Selasa tanggal 12 Januari 2010 bertempat di Aula Mapolwil Cirebon
    e.    Polwil Priangan  Hari Kamis tanggal 14 Januari 2010 bertempat di Aula Mapolwil Priangan.
    f.    Polwil Tabes Bandung Hari Selasa tanggal 19 Januari 2010 bertempat di Aula Mapolwil Tabes Bandung.

    2.    MATERI
    a.    Sosialiasi UU RI No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)
    b.    Tata cara pelayanan informasi publik di jajaran Polda Jabar.

    3.    PENYAJI
    a.    Kombes Pol Drs. Dade Achmad, Kabid Humas Polda Jabar.
    b.    AKBP Drs. H.M.M. Napitupulu, Kasubbid Publikasi Bid Humas Polda Jabar.
    c.    AKBP Ir. Rahmat, Kasubbid Dokliput  Bid Humas Polda Jabar.

    4.    PESERTA
    a.    Satker Mapolda Jabar terdiri dari 22 satker, masing-masing mengirimkan 3 pers perwakilan satker.
    b.    Polwil Bogor                  : 62 pers
    c.    Polwil Purwakarta         : 58 pers
    d.    Polwil Cirebon            : 59 pers.
    e.    Polwil Priangan             : 71 pers
    f.    Polwil Tabes Bandung    : 55 pers.

  • RAPAT KOORDINASI (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:48:47)

    RAPAT KOORDINASI

    NO    HARI / TGL    PERIHAL    TEMPAT    KET
    1.    Selasa /
    31 Agustus 2010    Rapat Perumusan Penjabaran Informasi yang dikecualikan Dipimpin oleh : Kombes Pol. Drs. Agus Rianto Kabid Humas Polda Jabar
    Peserta : PPID Satker Mapolda Jabar
        Aula Jayalaksana Polda Jabar   

  • OPS LILIN 2009 (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:48:23)

    KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK IDONESIA
          DAERAH JAWA BARAT
          BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT



    N O T A -  D I N A S
    No. Pol. : B/ND-            /XII/2009/Bid Humas


                Kepada    : Yth.    Karo Ops Polda Jabar

                D a r i        : Kabid Humas Polda Jabar

                Perihal    : Pengiriman daftar nama personil Bid Humas
      Polda Jabar yang dilibatkan dalam Operasi
      Lilin Lodaya – 2009.



    1.    Rujukan, Nota Dinas Kadenma Polda Jabar No. Pol. : B/ND-668/XII/2009/Biro Ops, tanggal 7 Desember 2009 perihal Permintaan daftar nama personil yang akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Lodaya-2009 dan permintaan Renfung.

    2.    Sehubungan hal tersebut di atas, bersama ini disampaikan kepada Ka daftar nama personil Bid Humas Polda Jabar yang dilibatkan dalam Operasi Lilin Lodaya – 2009, sebagai berikut :

    NO    NAMA    PANGKAT    JABATAN    KET
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10    Drs. H.M.M.Napitupulu
    Ade Suryana
    Rahmat Dasep
    Anang Suhanji
    Endang Sudrajat, SIP
    Ence Suardi
    Nunung Kartika
    Luh Komang Satya, SH
    Opin Supiana, AMD
    Syarip PS    AKBP
    AKP
    AKP
    AKP
    AKP
    AIPTU
    AIPDA
    BRIGADIR
    BRIPTU
    PENGDA I    Kasubbid Publikasi
    Kaur Liputan
    Kaur Prodtek
    Kaur Kemitraan
    Kaur Monitor
    Ba Humas
    Ba Humas
    Ba Humas
    Ba Humas
    Staf Humas   

    3.    Demikian untuk menjadi maklum.


    Bandung,        Desember  2009

    KABID HUMAS POLDA JABAR



    Drs. DADE ACHMAD
           KOMBES POL NRP 52050216

  • MONITORING DAN OPINI (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:47:57)

    MONITORING DAN OPINI VIA WESITE

    No    Via    Ket
    1.    Website Polda Jabar :

    www.lodaya.go.id
        Pengelola :
    PENATA Drs. Endang Nurahman
    2.    Facebook :

    Humas Polda Jabar    Pengelola :
    PENATA Drs. Endang Nurahman

    3.    Twitter :

    Humas Polda Jabar
        Pengelola :
    PENATA Drs. Endang Nurahman


  • LAP GIAT SUPERVISI PID (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:47:31)

    KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
          DAERAH JAWA BARAT
           BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT



    N O T A -  D I N A S
    Nomor : B/ND-           /II/2010/Bid Humas


                Kepada    : Yth.    Karo Log Polda Jabar
                                               
                D a r i        : Kabid Humas Polda Jabar

    Perihal    : Usulan Penghapusan.          


    1.    Rujukan:

        a.    pelaporan inventarisasi dan penilaian Bid Humas Polda Jabar tahun 2009;

    b.    arahan Tim Wasrik Itwasum Polri bahwa peralatan inventaris Bid Humas Polda Jabar yang telah mengalami rusak berat dan tidak dapat dipergunakan lagi untuk diajukan usulan penghapusan.

    2.    Sehubungan hal tersebut di atas, bersama ini kami usulkan kepada Ka, peralatan inventaris yang rusak berat, untuk dihapuskan adalah sebagai berikut :

        a.    1 unit mesin foto copy folio merk Xerox No. Seri 21050132;
        b.    1 unit lensa Camera Foto merk Canon AEI, No. Seri : 5313272;
        c.    1 unit Camera Foto merk Pentax K-1000, No. Seri : 6569367;
        d.        1 unit computer merk GTC No. P/N : CA 6425 DS-S/N : CE 9849446.

    3.    Demikian untuk menjadi maklum.


      Bandung,       Februari 2010

    KABID HUMAS POLDA JABAR



    Tembusan:                                           Drs. DADE ACHMAD
                                           KOMBES POL NRP 52050216
    1. Kapolda Jabar.
    2. Waka Polda Jabar.
    3. Irwasda Polda Jabar.
    4. Karo Renbang Polda Jabar.

  • DISPOSAL (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:47:10)

    KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
          DAERAH JAWA BARAT
           BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT



    N O T A -  D I N A S
    Nomor : B/ND-           /II/2010/Bid Humas


                Kepada    : Yth.    Karo Log Polda Jabar
                                               
                D a r i        : Kabid Humas Polda Jabar

    Perihal    : Usulan Penghapusan.          


    1.    Rujukan:

        a.    pelaporan inventarisasi dan penilaian Bid Humas Polda Jabar tahun 2009;

    b.    arahan Tim Wasrik Itwasum Polri bahwa peralatan inventaris Bid Humas Polda Jabar yang telah mengalami rusak berat dan tidak dapat dipergunakan lagi untuk diajukan usulan penghapusan.

    2.    Sehubungan hal tersebut di atas, bersama ini kami usulkan kepada Ka, peralatan inventaris yang rusak berat, untuk dihapuskan adalah sebagai berikut :

        a.    1 unit mesin foto copy folio merk Xerox No. Seri 21050132;
        b.    1 unit lensa Camera Foto merk Canon AEI, No. Seri : 5313272;
        c.    1 unit Camera Foto merk Pentax K-1000, No. Seri : 6569367;
        d.        1 unit computer merk GTC No. P/N : CA 6425 DS-S/N : CE 9849446.

    3.    Demikian untuk menjadi maklum.


      Bandung,       Februari 2010

    KABID HUMAS POLDA JABAR



    Tembusan:                                           Drs. DADE ACHMAD
                                           KOMBES POL NRP 52050216
    1. Kapolda Jabar.
    2. Waka Polda Jabar.
    3. Irwasda Polda Jabar.
    4. Karo Renbang Polda Jabar.

  • SOP TATA CARA YAN INFORMASI (Kamis, 10 Maret 2011 @ 13:46:42)



    STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)
    TENTANG
    TATACARA PELAYANAN INFORMASI


    I.    PENDAHULUAN.

    1.    UMUM
         
    Berlakunya Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan  Informasi Publik memberikan jaminan terhadap semua orang dalam memperoleh informasi dan merupakan Hak Asasi Manusia sebagai wujud dari kehidupan berbangsa bernegara yang demokratis.
    Dalam kesiapan menghadapi era Keterbukaan Informasi Publik, Polri sebagai salah satu badan publik, dituntut  untuk lebih meningkatkan kinerjanya secara optimal dan profesional sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi kepada publik secara cepat, murah, transparan dan akuntabel.
    Seiring dengan tuntutan masyarakat yang semakin komplek dan kritis terhadap jasa pelayanan informasi maka dibutuhkan kesiapan secara menyeluruh, salah satu bentuk daripada kesiapan tersebut adalah penyiapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi.
    Guna memudahkan pelayanan Informasi dan untuk mendapatkan hasil yang optimal dipandang perlu untuk membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang Tata Cara Pelayanan Informasi.

    2.    DASAR

    a.    Undang-Undang  RI No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara  Republik Indonesia.
    b.    Undang – Undang RI No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi   Publik.
    c.    Undang - Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    d.    Grand Strategi Polri 2005 - 2025.
    e.    Renstra Polri 2010 – 2014.
    f.    Reformasi Birokrasi Polri.



    3.    MAKSUD DAN TUJUAN
     
    a.    Maksud

        Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) ini dimaksudkan sebagai  pedoman bagi Pejabat dan Pengemban Pengelola  Informasi dan Dokumentasi Polri.

    b.    Tujuan

    Pembuatan  Standard Operating Procedure (SOP) bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keseragaman bertindak didalam memberikan pelayanan informasi kepada publik.

    4.    RUANG LINGKUP

    Ruang lingkup Standard Operating Procedure (SOP) tentang Tata cara pelayanan informasi ini meliputi persiapan, pelaksanaan, tanggung jawab dan bentuk pelayanan informasi di lingkungan Polri.

    5.    PENGERTIAN - PENGERTIAN

    a.    Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan dan tanda – tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data-data maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non-elektronik.

    b.    Informasi Publik adalah Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang – Undang ini serta Informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan Publik.

    c.    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi di Polri.

    d.    Pengemban PID adalah pejabat fungsional yang bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi di Satker Mabes Polri dan Satker Kewilayahan.

    e.    Orang adalah orang perseorangan, kelompok orang, badan hukum, atau badan publik sebagaimana dimaksud dalam Undang – Undang.

    f.    Pengguna informasi Publik adalah orang yang menggunakan informasi publik sebagai mana diatur dalam Undang – Undang.

    g.    Pemohon informasi Publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang – Undang.

    h.    Pelayanan informasi adalah serangkaian kegiatan pelayanan kepada pemohon informasi berupa penerimaan permohonan, pencatatan dan pemberian informasi.

    II.    TATA CARA PELAYANAN INFORMASI.

    a.    Persiapan pelayanan informasi :

    1)    Mempersiapkan personil/petugas pelayanan informasi dengan Sprint Kasatker.

    2)    Mempersiapkan sarana dan prasarana pelayanan baik berupa buku register dan blangko tanda penerimaan permohonan informasi.

    3)    Menyusun jadwal piket pelayanan informasi.


    b.    Pelaksanaaan pelayanan informasi:

    1)    Petugas PPID mencatat identitas pemohon informasi Publik, subjek dan format informasi serta cara penyampaian informasi yang diminta oleh pemohon informasi publik.

    2)    Petugas PPID mencatat permintaan informasi yang diajukan secara tertulis maupun tidak tertulis oleh pemohon disertai alasan permohonan informasi.

    3)    Petugas PPID memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi.

    4)    Petugas PPID dalam hal permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan.

    5)    Petugas PPID dalam hal permintaan disampaikan melalui surat, pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman  informasi.

    6)    Petugas PPID dalam memberikan informasi kepada pemohon berkoordinasi dengan pengemban PID Satker dan atau Satuan kewilayahan paling lambat 10 hari kerja setelah permintaan dari pemohon informasi.


    c.    Tanggung jawab pelayanan informasi :

    1)    PPID wajib mendokumentasikan Informasi dan data yang diperoleh dalam bentuk hard/soft copy foto dan atau rekaman dan atau Audio Visual.

    2)    Pengemban PID Satker  Mabes wajib mengirimkan informasi  berkala, serta merta, setiap saat  kepada PPID Polri melalui intranet atau e-mail atau mengirim secara tertulis.

    3)    PPID satuan kewilayahan wajib mengirimkan informasi  berkala, serta merta, setiap saat  kepada PPID Polri melalui intranet, e-mail maupun mengirim secara tertulis.

    4)    PPID wajib melaporkan ke atasan PPID terkait  permohonan informasi yang masuk perhari, perminggu, perbulan dan pertahun.

    5)    PPID bertanggung jawab terhadap akuratisasi informasi yang disampaikan kepada pemohon informasi.


    d.      Bentuk pelayanan informasi.
           
    1)    Penyampaian informasi publik dilakukan dalam bentuk :

    (a)    Pemberian informasi dan data secara langsung oleh personil PID.

    (b)    Pemberian informasi melalui jaringan teknologi informasi.


    2)    Penyampaian informasi dan data secara langsung kepada publik oleh Pelayan informasi dalam bentuk :

    (a)    Tulisan
    (b)    Laporan
    (c)    Gambar
    (d)    Grafik
    (e)    Rekaman

    3)    Penyampaian akses informasi dan data melalui teknologi informasi dan komunikasi oleh Pelayan informasi dapat diperoleh melalui :

    (a)    Internet
    (b)    Multimedia Messages System (MMS)
    (c)    Pesan singkat (Short Messages System/SMS)
    (d)    Faksimil.
    4)    Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan adalah :

    (a)    Secara berkala.

    (b)    Serta merta

    (c)    Setiap saat


    5)    Kewajiban pelayanan informasi setiap tahun mengumumkan layanan informasi berupa jumlah permintaan informasi yang diterima, waktu yang di perlukan, jumlah pemberian dan penolakan permintaan informasi serta alasan penolakan informasi.

     
    III.    KETENTUAN TAMBAHAN :


    1.    PPID Polri dapat meminta tambahan informasi dan data dari pengemban PID Satker Mabes Polri dan PPID Kewilayahan.

    2.    Untuk informasi yang dikecualikan dapat diberikan setelah ada kebijakan dari pimpinan.

    3.    Biaya yang dibutuhkan untuk pelayanan informasi yang diminta pemohon disesuaikan dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

       

    IV.    PENUTUP
    Demikian Standard Operating Procedure (SOP) ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai pedoman petugas Pelayan informasi.


        Jakarta,       April  2010
    KEPALA DIVISI HUBUNGAN MASYARAKAT POLRI





    Drs. EDWARD ARITONANG, MM.
    INSPEKTUR JENDERAL POLISI

       


     




Home