AKTIFKAN POS KAMLING UNTUK MENJAGA KEAMANAN

Minggu, 21 November 2010 @ 19:26:42   bid humas polda kalbar - PUSLITBANG POLRI


Menyikapi trend perkembangan kriminalitas dewasa ini baik dari segi kuantitas maupun kualitas yang terjadi terutama di wilayah Kota Pontianak yang semakin meningkat, terutama tindak pidana pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor,  penganiayaan dan premanisme.

Guna mengantisipasi ganggauan Kamtibmas tersebut maka diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling yang ada dilingkungannya masing-masing sebagai daya tangkal mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas.

Berdasarkan analisa dan evaluasi gangguan Kamtibmas selama tahun 2010, ternyata kejahatan konvensional terjadi paling banyak di daerah pemukiman antara pukul 19.00 – 24.00 Wib dan antara pukul 02.00 – 03.00 Wib, hal ini menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya masih rendah.

Untuk menekan lajunya tingkat kejahatan di daerah pemukiman, perlu adanya partisipasi masyarakat, tanpa keikutsertaan masyarakat, kejahatan akan terus terjadi mengikuti dinamika masyarakat, karena kejahatan itu pada dasarnya merupakan bayang-bayang masyarakat, bila masyarakat tidak ada upaya untuk mencegahnya, maka kejahatan akan terus mengalami peningkatan baik kualitas maupun kuantitasnya.

Banyak manfaat yang dapat diraih dalam menjaga lingkungan, selain akan mempererat tali silaturahim antar warga, juga menjaga lingkungan merupakan ibadah, karena membuat orang lain menjadi tenang.

Kepada masyarakat yang sedang melaksanakan tugas pengamanan lingkungan dihimbau untuk lebih pro-aktif bila melihat ada rumah yang terbuka jendelanya di malam hari, agar diingatkan, demikian juga bila melihat orang-orang yang mencurigakan agar segera melakukan pengecekan kepada yang bersangkutan dengan tetap menjaga etika dan sopan santun serta tidak main hakim sendiri, ingatkan warganya bila memparkir kendaraan supaya diberikan kunci tambahan dan sebagainya.

Sifat kegotong royongan sebagai ciri bangsa Indonesia hendaknya terus digelorakan melalui pengamanan lingkungan.

Kembali