Penembakan Pesawat di Papua

Senin, 09 April 2012 @ 09:31:45   Admin Humas Mabes Polri - PUSLITBANG POLRI

Pada hari Minggu, 8 April 2012 sekitar pukul 08.21 WIT di bandara Mulia kab. Puncak jaya telah terjadi penembakan terhadap pesawat Trigana Air PK-YRF jenis Twin Otter oleh orang tidak dikenal (diduga kelompok TPN/OPM) yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 4 orang luka-luka.

Penembakan berawal saat pesawat Trigana Air tujuan Nabire-Mulia dengan pilot Beby Astek mendarat di bandara Mulia kab. Puncak Jaya, saat pesawat hendak menuju terminal bandara tiba-tiba ditembaki oleh orang tak dikenal yang diduga kelompok TPN/OPM dari arah sebelah kanan yang mengakibatkan pesawat tidak terkendali dan mesin mati hingga menabrak bangunan gudang lama di bandara tersebut.

Akibat kejadian tersebut 1 orang meninggal dunia atas nama Leiron Kogoya Muliambut (35 th) wartawan Papua Post yang beralamat di kampung Muliambut distrik Mulia kab. Puncak Jaya. Korban mengalami luka tembak pada bagian leher sebelah kanan.

Sedangkan 4 orang lainnya termasuk pilot dan co pilot mengalami luka-luka, atas nama Beby Astek (40 th) kapten Pilot pesawat Trigana Air yang mengalami luka terkena serpihan peluru pada bagian mata kaki kiri, Yanti (30 th) mengalami luka terkena serpihan peluru pada lengan kanan, Willy Resubun (30 th) Co Pilot pesawat Trigana Air luka terkena serpihan peluru di jari telunjuk kanan, dan seorang anak laki-laki bernama Papua Korwa (4 th) yang mengalami luka terkena serpihan peluru pada jari tengah dan telunjuk tangan kiri.

Selanjutnya seluruh korban dievakuasi ke RSUD Mulia, dan jenazah Leiron Kogoya Muliambut disemayamkan di rumah duka kampung Muliambut distrik Mulia, kemudian kapten pilot Beby Astek dan Co Pilot Willy Resubun berhasil dievakuasi ke Jayapura dengan menggunakan pesawat Trigana Air.

Pada saat dilakukan penyisiran oleh gabungan TNI dan Polri di area bandara Mulia, terjadi kontak tembak antara anggota TNI Polri dengan para pelaku penembakan.

Setelah dilakukan olah TKP oleh anggota Polres Puncak Jaya pada pesawat diketemukan kerusakan antara lain sayap sebelah kanan rusak, tangki bocor akibat terkena tembakan, badan pesawat bagian bawah sebelah kanan terkena tembakan sebanyak 2 lubang tembus kaca sebelah kiri dan moncong pesawat rusak.

Saat ini kasus ditangani oleh Polres Puncak Jaya polda Papua.

Kembali