ARTI LAMBANG DAN LOGO SEA GAMES 2011

Kamis, 10 November 2011 @ 11:17:26   humas_polda_sumsel - PUSLITBANG POLRI

Menjadi tuan rumah SEA Games 2011 memiliki arti kerja keras bagi Indonesia. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menjemput sukses di pesta olahraga negara – negara Asia Tenggara ini.
Selain memilih tanggal cantik 11 November 2011 atau 11/11/11 untuk ditetapkan sebagai hari upacara pembukaan, panitia penyelenggara juga menyiapkan berbagai upaya agar SEA Games dapat berkesan khususnya bagi negara Indonesia dan seluruh negara peserta.
Membangun kesan ini salah satunya dilakukan dengan menetapkan logo yang melukiskan Burung Garuda dengan filosofi “Garuda Terbang di Atas Alam Indonesia”. Sebagai lambang negara, Burung Garuda di ranah global dikenal luas dan langsung terasosiasikan dengan Indonesia.
Logo Garuda ini diperkenalkan secara resmi 15 Januari 2011 pada acara kick off 300 Hari Menjelang SEA Games di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Secara fisik, Burung Garuda melambangkan kekuatan dan kepak sayapnya merepresentasikan kemegahan atau kejayaan.
Pada logo tersebut, bagian kepala diberi guratan warna merah perlambang keberanian, semangat juang, semangat bertanding yang juga mencerminkan nasionalisme. Tarikan guratan hijau berbentuk gunung melambangkan alam pegunungan Indonesia dan guratan gelombang warna biru melambangkan samudera nusantara.
Konsepnya, Burung Garuda yang perkasa bak sosok pengayom dan pelindung; terbang tinggi di atas bumi Pertiwi yang kaya akan sumber daya alam hutan, gunung, serta bahari.
Semangat inilah yang kiranya mampu menginspirasi atlet Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Bangga akan negeri sendiri dan secara sportif bertanding dengan negara – negara sahabat.
Sebelas lingkaran kecil berwarna jingga yang membentuk lingkaran besar menyerupai kelopak adalah representasi dari 11 negara peserta

Kembali